gabut enaknya ngapain
Tips

Gabut ? Inilah Cara Mengisi Waktu Luang Kamu

Gabut? emang nih sangat mengganggu kita, khususnya para remaja. Sebelumnya, untukmu yang belum mengetahui arti gabut. Nih, penjelasan singkatku. Jadi, gabut itu ketika kamu punya waktu luang, tapi bingung mau ngapain. Jadinya kamu mencari kesibukan atau pekerjaan yang gak jelas atau gak bermanfaat.

Kita merasa tersiksa ketika gabut menyerang. Kadang, kita gak sadar bahwa gabut ini ternyata berbahaya. Alasannya, karena gabut ini berbicara tentang waktu.

You know waktu ? yes, waktu itu adalah hal yang tidak bisa dikembalikan. Sedetik pun tidak akan kembali. Usia teruslah bertambah. Tidak bisa dihentikan. Semuanya akan terus berjalan.

Oleh karena itu, hendaknya kita menggunakan waktu kita sebaik-baiknya agar kita tidak termasuk manusia yang merugi.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika kamu memiliki banyak waktu luang

Muhasabah diri

Pikirin deh apa sebenarnya dirimu. Apa yang mestinya kamu kerjakan. Apa yang menjadikan kamu malas atau lalai. Alasan kamu memilih itu. Pikirkan juga langkah lanjut yang harus kamu lakukan.

Misal, kamu adalah seorang siswa kelas 12. Satu tahun lagi kamu akan memasuki kuliah. Akan tetapi, pastinya kan ada ujian masuknya. Nah, daripada gabut, kamu pasti tahu apa yang harus dilakukan, yaitu belajar.

Untuk hal ini, dirimulah yang tahu atas keadaanmu sendiri. Jujurlah pada hatimu sob.

Membantu Orang Tua

Sebagai anak dari orang tua, hendaknya kita membantu mereka. Ringankan pekerjaanya. Buat bangga ayah ibumu, jangan buat mereka kesal terhadap dirimu. Berilah senyum kepadanya. Rendahkan suaramu, jangan membentaknya. Tidak boleh menentang orang tua selama mereka tidak menyuruhmu dalam keburukan/kesyirikan. Orang tua juga ingin kebaikan untuk anaknya.

Sebagai anak dari orang tua, hendaknya kita membantu mereka. Ringankan pekerjaanya. Buat bangga ayah ibumu, jangan buat mereka kesal terhadap dirimu. Berilah senyum kepadanya. Rendahkan suaramu, jangan membentaknya. Tidak boleh menentang orang tua selama mereka tidak menyuruhmu dalam keburukan/kesyirikan. Orang tua juga ingin kebaikan untuk anaknya.

Betapa banyaknya orang ketika sudah ditinggal orang tuanya, baru sadar akan peran orang tua. Selagi mereka masih hidup, jangan sia-siakan mereka ya.

Belajar Yang Kamu Sukai

Ya, betul belajar. Sebagian orang menganggap belajar adalah beban. Tapi, itu tidaklah benar. Justru belajar itu sebenarnya menyenangkan, jika metode dan kurikulumnya benar serta suasana hati yang pas.

Mulailah belajar dari hal yang kamu suka, misal kamu suka memasak. Coba belajar resepnya dari online, bertanya dengan ibumu, atau bereksperimen sendiri. Itu akan menjadi nilai plus pada dirimu. Karena yang saya alami, bakat kamu akan terlihat dari minat yang ditekuni.

Mengejar Impian

Nah, setiap kita memiliki impiannya masing-masing. Entah mau jadi ini atau itu. Jabarkanlah semua impianmu, lalu mulai gapai itu. Jangan jadikan impianmu sebatas menjadi mimpi, wujudkanlah itu kawan. Buktikan bahwa kamu itu bisa!

Mulailah dari sekarang, sebab semua tips tadi tidak bermanfaat jika hanya jadi angan-angan saja. Lagipula, manfaatnya pun kamu sendiri yang akan merasakannya.

Mager ? wah ini bisa sangat berbahaya sob. Mager ini berakibat fatal. Coba deh pikirin bahaya yang akan kamu hadapi nantinya. Ingat, penyesalan datang di akhir.

Hindari berfoya-foya ya sob. Sebagian orang berpikir bahwa gabut itu mesti jalan-jalan. Kesanalah atau kesini. Akhirnya mereka melakukan itu tanpa adanya kegiatan yang jelas atau bermanfaat.

Mending lakukan sesuatu yang produktif ya sob.

Itulah tips cara mengusir gabut yang faaza ketahui. Silakan berikan juga caramu di kolom komentar ya.

Iman, Adab, Ilmu, dan Amal

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *